Giyatno, Giyatno and , Ir. Sri Sunarjono, MT, Ph.D and , Ir. Agus Riyanto, MT (2016) Analisis Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI Kajian Ekonomis Dan Strategi Penanganannya (Studi Kasus Ruas Jalan Ponorogo – Pacitan KM 231+000 Sampai Dengan KM 246+000, KM 0+000 Di Surabaya). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI 12.pdf Download (529kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (629kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Road is an infrastructure that has a very important role in the traffic flow. If a part of a road is damaged, there will be a big impact on the traffic flow. The damage of a road can be analyzed to know the cause of the damage and the solution.This study aims at knowing the types of the road damage and the value of road hardness condition so that it can be determined how to fix it, the cost needed, and it also can be counted the loss because of the increase of the vehicle operational cost. and also correlation analysis between value of PCI with budget. The method employed in this study is Pavement Condition Index (PCI) method. In the PCI method, the level of the hardness damage criticalness is a function of the three main factors, they are: the damage type, the level of the damage criticalness, the damage number or density. PCI is a numeric index that ranges from 0 to 100. 0 value means that the hardness is in badly damaged condition and 100 value means that the hardness is in perfect condition. The results of the survey indicated that the damage on the Ponorogo-Pacitan road segment KM 231+000 to KM 246+000, KM 0+000 in Surabaya were Alligator Cracking , Block cracking, Corrugation, Depression, Paching, and Long and trans. Cracking. The value of PCI on those segment were 45 with fair condition based on the hardness condition rating on Pavement Condition Index (PCI).The maintenance that can be done to fix the road service level based on Bina Marga on those road segments is giving local asphalt, filling the cracks, patching the holes, and flattenning. The work services include latasir/sandsheet, asphalt hardness digging, lace absorption layer, absorption layer, A class aggregat, and hot asphalt mixing.The cost needed to fix those damages is Rp. 1.068.117.000,00 whereas the loss caused by those road segments based on the value of vehicle operational cost is Rp. 18.852.565,17 per day, and also result of analysis of regresi linear between value of PCI and budget at the joint streets have coefficient of determinasi equal to 0,64 and correlation coefficient equal to - 0,80, meaning both the variable have medium relation and the relation form of is Linear Negativity. Key words: road damage, PCI, cost, VOC. Jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat berperan penting dalam mengalirkan arus lalu lintas. Saat ada ruas jalan yang terjadi kerusakan, maka akan berdampak yang cukup besar pada arus lalu lintas. Kerusakan jalan dapat dianalisis untuk mengetahui penyebab terjadinya dan alternatif penyelesainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan dan nilai kondisi perkerasan jalan sehingga dapat menentukan cara perbaikannya, menghitung anggaran biaya yang diperlukan dan kerugian akibat meningkatnya biaya operasional kendaraan serta menganalisa korelasi antara nilai PCI dengan anggaran biaya . metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI). Dalam metode PCI, tingkat keparahan kerusakan perkerasan merupakan fungsi dari 3 faktor utama yaitu: tipe kerusakan, tingkat keparahan kerusakan, dan jumlah atau kerapatan kerusakan. PCI ini merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. Nilai 0 menunjukkan perkerasan dalam kondisi sangat rusak dan nilai 100 menunjukkan perkerasan dalam kondisi sangat sempurna. Hasil kerusakan pada ruas jalan Ponorogo – Pacitan KM 231+000 sampai dengan KM 246+000, KM 0+000 di Surabaya adalah retak kulit buaya, retak memanjang, retak kotak, keriting, pelepasan butiran, tambalan dan amblas. Nilai PCI pada ruas tersebut yaitu 45 dengan kondisi sedang berdasarkan rating. Jenis pemeliharaan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki tingkat layanan jalan sesuai bina marga pada ruas jalan tersebut adalah laburan aspal setempat, mengisi retakan, penambalan lubang, dan perataan, sedangkan untuk jenis pekerjaan meliputi latasir/sandsheet, galian perkerasan aspal, lapis resap pengikat, lapis perekat, aggregat kelas A, dan campuran aspal panas. Jumlah anggaran biaya yang diperlukan untuk menangani kerusakan tersebut adalah Rp. 1.068.117.000,00 , nilai kerugian yang ditimbulkan pada ruas jalan tersebut berdasarkan nilai biaya operasional kendaraan adalah Rp. 18.852.565,17 perhari, serta hasil analisa regresi linier antara nilai PCI dan anggaran biaya pada ruas jalan tersebut didapat koefisien determinasi sebesar 0,64 dan koefisien korelasi sebesar -0,80, berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan sedang dan bentuk hubungannya adalah Linier Negatif. Kata kunci: kerusakan jalan, PCI, anggaran biaya, BOK
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kerusakan jalan, PCI, anggaran biaya, BOK road damage, PCI, cost, VOC |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | GIYATNO |
Date Deposited: | 29 Oct 2016 07:13 |
Last Modified: | 29 Oct 2016 07:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/47211 |
Actions (login required)
View Item |