ANALISIS PENGARUH BEBERAPA FAKTOR-FAKTOR TERHADAP PENGHASILAN USAHA (STUDI KASUS PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN WONOGIRI KABUPATEN WONOGIRI

TRANGGONO, TRANGGONO (2009) ANALISIS PENGARUH BEBERAPA FAKTOR-FAKTOR TERHADAP PENGHASILAN USAHA (STUDI KASUS PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN WONOGIRI KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030265.pdf

Download (223kB)
[img] PDF
B100030265.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi, harga, dan lokasi terhadap penghasilan usaha dan untuk menganalisis variable yang berpengaruh dominan terhadap penghasilan usaha. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. . Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang kelontong di Kecamatan Wonogiri yang berjumlah 246 pedagang. Sampel adalah sebagian dari populai yang karakteristiknya hendak diselidiki dan dianggap mewakili populasi sampel yang diambil sebanyak 71 responden. Alat analisis yang digunakan adalah meliputi uji instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas dan uji hipotesis menggunakan alat analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji t variabel promosi, harga dan lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penghasilan usaha. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,000 (p < 0,05). Variabel promosi memiliki nilai koefisien beta yang lebih tinggi dibandingkan dengan variabel harga dan lokasi yaitu sebesar 0,499, sedangkan harga sebesar 0,338 dan lokasi sebesar 0,428, hal ini berarti promosi merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap penghasilan usaha. Berdasarkan hasil uji F, variabel promosi, harga dan lokasi secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap penghasilan usaha, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebsar 0,000 (p < 0,05). Hasil koefisien determinasi sebesar 53,8%. Hal ini berarti 53,8% variasi perubahan penghasilan usaha dijelaskan oleh variasi perubahan faktor-faktor promosi, harga dan lokasi. Sementara sisanya sebesar 46,2% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: promosi, lokasi, harga, penghasilan usaha
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 17 Nov 2009 08:28
Last Modified: 02 Jan 2012 05:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4713

Actions (login required)

View Item View Item