Wardani, Rosalita Dian Ilmia (2009) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI GURU TERHADAP PERGANTIAN KURIKULUM DENGAN KOMPETENSI MENGAJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
F100030047.PDF Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
PDF
F100030047.PDF Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
Abstract
Indonesia sampai saat ini masih menghadapi banyak masalah dalam bidang pendidikan. Salah satu masalahnya adalah kompetensi mengajar guru yang masih dibawah standar dan sumber daya guru yang belum profesional.. Kompetensi mengajar seorang guru dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor internal adalah persepsi terhadap pergantian kurikulum. Pergantian kurikulum sering kali meninggalkan masalah di lapangan. Kurikulum lama masih beredar pada tahap pemantapan, sudah diganti dengan kurikulum baru. Persepsi buruk atau negatif tentang pergantian kurikulum melemahkan semangat mengajar. Hal ini menyebabkan kompetensi mengajar guru menjadi kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi guru terhadap pergantian kurikulum dengan kompetensi mengajar. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara persepsi guru terhadap pergantian kurikulum dengan kompetensi mengajar. Subjek penelitian adalah guru SMA Negeri 1 Purwodadi berjumlah 29 orang, guru SMA Negeri 1 Pulokulon berjumlah 31 orang, dan guru SMA Muhammadiyah Purwodadi berjumlah 18 orang. Total subjek ada 78 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah studi populasi. Pengumpulan data menggunakan skala persepsi guru terhadap pergantian kurikulum dan skala kompetensi mengajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,579; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi guru terhadap pergantian kurikulum dengan kompetensi mengajar. Sumbangan efektif variabel persepsi guru terhadap pergantian kurikulum terhadap kompetensi mengajar sebesar 33,5% ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2 ) = 0,335. Persepsi guru terhadap pergantian kurikulum pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan dengan rerata empirik = 70,321 dan rerata hipotetik = 67,5. Kompetensi mengajar pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan dengan rerata empirik = 66,513 dan rerata hipotetik = 70.Berdasarkan uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan positif antara persepsi guru terhadap pergantian kurikulum dengan kompetensi mengajar. Hal ini berarti semakin tinggi atau positif persepsi guru terhadap pergantian kurikulum maka akan semakin tinggi kompetensi mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, kurikulum, kompetisi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Musyarofah Siti |
Date Deposited: | 18 Nov 2009 02:10 |
Last Modified: | 27 Oct 2011 07:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4705 |
Actions (login required)
View Item |