Bratasari, Rochmadani (2009) EKSPERIMEN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA ANAK SUBNORMAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050095.pdf Download (43kB) |
|
PDF
A410050095.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)adanya perbedaan pemahaman konsep matematika pada anak subnormal (tunagrahita) yang menggunakan pembelajaran Quantum Teaching dan Quantum Learning dengan anak subnormal yang menggunakan metode ceramah (konvensional), (2)metode Quantum Teaching dan Quantum Learning lebih baik dari pada metode ceramah dalam memberikan pemahaman konsep matematika anak subnormal. Penelitian dilaksanakan pada dua sekolah SLB-C di Surakarta yaitu Yayasan SLB-C Satya Darma dan Yayasan SLB-C Kartosuro. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Teknis analisis datanya menggunakan t-test, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari penghitungan perhitungan t-test dengan α = 5% diperoleh hitung t = 2,595 dan tabel t =2.179, karena hitung t > tabel t , maka hipotesis nol (Ho) ditolak sehingga menunjukkan ada perbedaan pemahaman konsep pada anak subnormal pada kelas eksperiman dan kelas kontrol. Sedang dilihat dari rata-rata nilai akhir diperoleh eksperimen X = 74.265 dan kontrol X = 60.787, hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika anak subnormal yang menggunakan pembelajaran dengan metode quantum teaching dan quantum lerning lebih baik dibandingkan dengan anak subnormal yang menggunakan pembelajaran dengan metode konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quantum_teaching, quantum_learning, pemahaman_konsep, subnormal xiv |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 17 Nov 2009 07:58 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 03:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4695 |
Actions (login required)
View Item |