ENDAHWURI, DHIAN (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY DAN THINK PAIR SHARE PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA (Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050084.pdf Download (83kB) |
|
PDF
A410050084.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
Abstract
signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Team Assisted Individually dan Think Pair Share, (2) Perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika jika ditinjau dari keaktifan siswa, (3) Interaksi antara metode belajar dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 2 Ngemplak Boyolali. Sebagai sample diambil 2 kelas sebanyak 80 siswa yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIIIB sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen diberikan metode pembelajaran tipe TAI. Sedangkan kelas VIIIC sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol diberikan metode pembelajaran TPS. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar siswa matematika, metode angket untuk data keaktifan belajar siswa serta metode dokumentasi untuk mengetahui nilai ujian semester I matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenetas. Teknik analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian ini, dengan α = 55% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi metode Team Assisted Individually dan siswa yang diberi metode Think Pair Share dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05, (2) ada perbedaan hasil belajar ditinjau dari keaktifan siswa dengan nilai signifikansi 0,002 > 0,05, (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan tingkat keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0.234 > 0,05.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran TAI, Pembelajaran TPS, Keaktifan, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 17 Nov 2009 07:45 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 02:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4687 |
Actions (login required)
View Item |