PENGARUH METODE PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAM GAME TOURNAMENT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA

MEILON, BENY (2009) PENGARUH METODE PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAM GAME TOURNAMENT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050074.pdf

Download (118kB)
[img] PDF
A410050074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dan metode konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP N 1 Sidoharjo yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 80 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas VIIIB sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster sampling. Penelitian ini berupa penelitian eskperimentasi dengan metode pengumpulan datanya adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan % 5 = a menunjukkan (1) Fhitung = 4.408 > Ftabel = 3.970 sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dan metode konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) F hitung = 1.412 < F tabel= 3,120 sehingga Ho diterima yang berarti tidak terdapat pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) F hitung = 2.389 < F tabel = 3,120 sehingga Ho diterima yang berarti tidak ada efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, TGT, kemandirian siswa, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 Nov 2009 07:10
Last Modified: 16 Nov 2010 02:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4674

Actions (login required)

View Item View Item