MEILON, BENY (2009) PENGARUH METODE PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAM GAME TOURNAMENT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050074.pdf Download (118kB) |
|
PDF
A410050074.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dan metode konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP N 1 Sidoharjo yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 80 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas VIIIB sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster sampling. Penelitian ini berupa penelitian eskperimentasi dengan metode pengumpulan datanya adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan % 5 = a menunjukkan (1) Fhitung = 4.408 > Ftabel = 3.970 sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dan metode konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) F hitung = 1.412 < F tabel= 3,120 sehingga Ho diterima yang berarti tidak terdapat pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) F hitung = 2.389 < F tabel = 3,120 sehingga Ho diterima yang berarti tidak ada efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif, TGT, kemandirian siswa, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 17 Nov 2009 07:10 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 02:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4674 |
Actions (login required)
View Item |