PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO (PTK Pada Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)

FITRIANI, HARI (2009) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO (PTK Pada Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050032.pdf

Download (174kB)
[img] PDF
A410050032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran matematika dengan penerapan strategi The Power of Two, 2) Meningkatkan kemandirian dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi The Power of Two. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta sejumlah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemandirian siswa sebelum tindakan sampai akhir tindakan yang meliputi 1) mengerjakan soalsoal latihan yang diberikan guru sebelum tindakan hanya (24%) setelah tindakan meningkat menjadi (76%), 2) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan hanya (12%) setelah tindakan meningkat menjadi (60%), 3) maju ke depan kelas sebelum tindakan hanya (8%) setelah tindakan meningkat menjadi (53%), 4) berlatih menjelaskan pekerjaan kepada teman lain sebelum tindakan (0%) setelah tindakan meningkat menjadi (32%), 5) berinteraksi dengan teman lain sebelum tindakan hanya (24%) setelah tindakan meningkat menjadi (96%). Peningkatan keaktifan siswa sebelum sampai akhir penelitian yang meliputi 1) mengajukan ide ke guru sebelum tindakan hanya (4%) setelah tindakan meningkat menjadi (32%), 2) memberikan komentar terhadap siswa lain sebelum tindakan hanya (8%) setelah tindakan meningkat menjadi (48%), 3 ) bertanya kepada guru tentang materi yang belum jelas sebelum tindakan hanya (8%) setelah tindakan meningkat menjadi (60%), 4) menyanggah atau menyetujui pekerjaan teman sebelum tindakan hanya (12%) setelah tindakan menjadi (52%). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah metode The Power of Two dapat meningkatkan kemandirian dan keaktifan belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Keaktifan, Pembelajaran kooperatif, Strategi The Power of Two.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 07:56
Last Modified: 16 Nov 2010 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4642

Actions (login required)

View Item View Item