KARTIKASARI, IKA (2009) INTENSITAS MEMPELAJARI BUKU PAKET DAN MOTIVASI MENGERJAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PENAWANGAN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410040096.pdf Download (75kB) |
|
PDF
A410040096.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan intensitas mempelajari buku paket dan motivasi mengerjakan LKS terhadap prestasi belajar matematika, (2) mengetahui intensitas memepelajari buku paket dan motivasi mengerjakan LKS baik secara simultan dan parsial, (3) mendeskripsikan besarnya intensitas mempelajari buku paket dan motivasi mengerjakan LKS pengaruhnya terhadap prestasi belajar belajar matematika secara simultan dan parsial. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Penawangan Grobogan dengan populasi 323 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan sampel bila obyek yang akan diteliti atau sumber data yang sangat luas. Data dianalisis dengan analisis regresi. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas, uji independensi dan uji linearitas. Dari penelitian ini diperoleh hasil: (1) intensitas mempelajari buku paket dan motivasi mengerjakan LKS dan prestasi belajar matematika tergolong sedang, (2) secara simultan intensitas mempelajari buku paket dan motivasi mengerjakan LKS memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan p = 0,035 dan secara parsial intensitas mempelajari buku paket tidak memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar matematika karena thitung < ttabel dengan thitung = 0,462, motivasi mengerjakan LKS memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar matematika karena thitung > ttabel dengan thitung = -2,462, (3) secara simultan intensitas memepelajari buku paket dan motivasi mengerjakan LKS memberikan pengaruh R2 = 0,178, secara parsial intensitas mempelajari buku paket memberikan pengaruh sebesar 1,48 % terhadap prestasi belajar matematika, motivasi mengerjakan LKS memberikan pengaruh sebesar 16,26 % terhadap prestasi belajar matematika. Dengan demikian motivasi mengerjakan LKS secara simultan maupun parsial memberikan pengaruh terbesar terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku-paket, Lembar-Kerja, Siswa, prestasi-belajar, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 16 Nov 2009 07:06 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 05:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4628 |
Actions (login required)
View Item |