HUBUNGAN KEAKTIFAN ANAK MENGIKUTI KEGIATAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 2 JARAKAN PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL

Yuliarahman, Taufik (2008) HUBUNGAN KEAKTIFAN ANAK MENGIKUTI KEGIATAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 2 JARAKAN PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan Islam adalah membina adab anak-anak didik, dan sekolah adalah pihak ketiga yang tekait dalam urusan pendidikan. Ada dua permasalahan apabila dikaitkan dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu minimnya alokasi waktu untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD yang hanya dua jam perminggu dan ketidakpedulian sebagian guru Pendidikan Agama Islam untuk mencari hubungan positif antara Pendidikan Agama Islam di SD dengan Taman Pendidikan Al-Qur’an. Keaktifan siswa mengikuti kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap proses belajar mengajar dan merupakan salah satu usaha siswa dalam memenuhi kebutuhan belajar yang pada akhirnya akan mempengaruhi prestasi yang dicapai oleh siswa. Di samping keaktifan ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, yaitu: kecerdasan, motivasi, sikap, minat dan bakat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan antara Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan prestasi Pendidikan Agama Islam. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui hubungan keaktifan anak mengikuti kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Jarakan Panggungharjo Sewon Bantul. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam anak didiknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini sebanyak 230 siswa, dan sampel diambil secara random/acak sebanyak 30 siswa dari kelas III sampai Kelas VI, di mana masing-masing kelas diambil 7-8 anak. Pengambilan sampel dari kelas III sampai kelas VI untuk mempermudah pengambilan data melalui angket. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu keaktifan dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antar kedua variabel tersebut. Aktifitas anak yang diteliti di Taman Pendidikan Al-Qur’an mencakup visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, motor activities, mental activities dan emotional activities. Sedangkan materi Pendidikan Agama Islam meliputi Al-Qur’an, Aqidah, Akhlak, Fiqih dan Tarikh, yang biasanya disampaikan dengan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, kerja kelompok dan dikte. Adapun hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dikategorikan baik, dengan indikator nilai yang dicapai siswa berkisar 60 – 90. Dalam proses analisis data menempuh beberapa langkah, yaitu: membuat tabel koefisien korelasi, mencari nilai korelasi, tes signifikansi dan interpretasi hasil analisis data. Melalui pengolahan data diperoleh rxy = 0,539, kemudian angka tersebut dikonsultasikan dengan r tabel product moment dengan N=30. Pada taraf signifikansi 5%, didapat nilai 0,361. Hasil akhir diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,539 > 0,361. Berarti terdapat hubungan yang positif antara keaktifan anak mengikuti kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan prestasi Pendidikan Agama Islam, dan hubungan antar kedua variabel tersebut berada pada tingkat agak rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Taman Pendidikan Al-Qur’an, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2008 03:07
Last Modified: 24 Feb 2011 08:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item