PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI PENGELOLAAN KELAS DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Listyowati, Ganil (2008) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI PENGELOLAAN KELAS DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A220050040.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
A220050040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Dalam penelitian ini populasinya sebanyak 246 orang siswa yang mencakup enam kelas. Dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 siswa yang diambil dengan menerapkan teknik pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu “Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang merupakan metode pokok sedangkan observasi dan wawancara sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual serta kemandirian belajar. Di samping itu digunakan pula metode bantu berupa observasi dan wawancara untuk mengkonfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus: Freg = Diperoleh Freg sebesar = 29,495 dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat bebas (2;37;0,05) adalah sebesar 3,23 dan pada taraf signifikan 1% = 5,18. Hasilnya Fhitung > Ftabel = 29,495 > 3,23 atau 29,495 > 5,18, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif yang signifikan dari persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas memberikan sumbangan relatif sebesar 46,2% dan sumbangan efektif 28,4%. Variabel partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual memberikan sumbangan relatif sebesar 53,8% dan sumbangan efektif 33,1%. Nampak bahwa variabel partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kemandirian belajar pada mata pelajaran PKn dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual merupakan faktor-faktor intern yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa yang bersangkutan. Oleh karena itu bila persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas baik, maka dapat menciptakan suasana kelas yang harmonis sehingga mempengaruhi kemandirian belajar pada mata pelajaran PKn. Pengelolaan kelas yang baik dapat dilakukan dengan melibatkan siswa dan memberikan dorongan untuk belajar lebih mandiri. Selain itu guru dapat menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran agar siswa lebih mandiri dalam belajar dan pemahaman siswa terhadap materi menjadi lebih baik. Saran bagi siswa adalah ikut berperan menciptakan suasana kelas yang kondusif bagi pembelajaran, yaitu selalu bersedia dengan kesadaran sendiri untuk mengikuti petunjuk dan arahan yang diberikan guru

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, partisipasi siswa, pembelajaran kontekstual, kemandirian belajar mata pelajaran PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2009 07:40
Last Modified: 24 Oct 2011 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item