Penggunaan Augmented Reality Untuk Mensimulasikan Dekorasi Ruangan Secara Real Time Dalam Bisnis Perabot

Rochmah, Ulva Erida Nur and , Aris Rakhmadi, S.T., M. Eng. (2016) Penggunaan Augmented Reality Untuk Mensimulasikan Dekorasi Ruangan Secara Real Time Dalam Bisnis Perabot. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Surat Pernyataan Karya Ilmiah Ulva Erida N.R_L200120063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Ulva Erida N. R (L200120063).pdf

Download (1MB)

Abstract

Mendekorasi ruangan merupakan kegiatan yang memakan banyak waktu dan tenaga, terutama jika objek yang digunakan besar dan berat. Akan merepotkan jika seseorang harus menggeser setiap objek untuk menentukan letak yang sesuai. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan aplikasi berbasis Augmented Reality. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual dengan cara menampilkan objek-objek virtual di dunia nyata secara real time. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu aplikasi Android dengan menggunakan Augmented Reality yang dapat digunakan untuk menggantikan objek nyata dengan objek virtual 3D sehingga memudahkan pengguna dalam mensimulasikan dekorasi ruangan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan beberapa perangkat lunak misalnya Vuforia, Blender, dan Unity 3D. Aplikasi ini bekerja dengan cara memindai marker yang sudah dicetak pada selembar kertas. Jika marker telah terdeteksi, objek 3D berupa perabot akan ditampilkan di kamera aplikasi. Pengguna dapat memindah lokasi, memutar, dan mengubah ukuran objek untuk mensimulasikan tata letak ruangan. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Android berbasis Augmented Reality yang dapat digunakan untuk mensimulasikan dekorasi ruangan secara real time. Kata Kunci: android, augmented reality, dekorasi ruangan, marker. Decorating the room is an activity that takes a lot of time and effort, especially if the object is large and heavy. It would be inconvenient if someone has to drag each object to determine the appropriate location. This problem can be avoided using an Augmented Reality-based application. Augmented reality is a technology that combine the real world and the virtual world by displaying virtual object in real world. The main purpose of this research is to create an Android application using Augmented reality that can be used to replace the real object with virtual 3D object, making it easier for the user to simulate the decoration of the room. This application is made using some software such as Vuforia, Blender, and Unity. This application works by scanning the marker that has been printed on a paper. If marker is detected, 3D object such as furniture will be displayed on the application’s camera. User can move the location of the object, rotate and resize the object to simulate the layout of the room. The result of this research is an Augmented Reality-based Android application that can be used to simulate the decoration of the room in real time. Keywords: android, augmented reality, marker, room decoration.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: android, augmented reality, dekorasi ruangan, marker.
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: ULVA ERIDA NUR ROCHMAH
Date Deposited: 13 Aug 2016 03:30
Last Modified: 13 Aug 2016 03:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/45745

Actions (login required)

View Item View Item