ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET GALAXY DI BOYOLALI

SAPUTRA, DANY ADITYA DWI (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET GALAXY DI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030454.pdf

Download (55kB)
[img] PDF
B100030454.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah faktor produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket Galaxy (2) apakah faktor produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket Galaxy (3) faktor manakah diantara produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket Galaxy. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 orang responden pengunjung Minimarket Galaxy yang kebetulan melakukan pembelian pada saat dilakukan penelitian. Dalam pengolahan data digunakan alat analisis yang berupa regresi linier berganda, uji t, uji F serta koefisien determinasi. Terlihat dari hasil uji F hitung (24,030) > F tabel (2,46), serta berdasarkan uji t diperoleh t hitung variabel produk (2,930), lokasi (4,619), harga (2,271), promosi (4,351) dan pelayanan (2,498) lebih besar bila dibandingkan dengan t tabel (1,98). Berdasarkan uji determinasi diketahui besarnya R2 (R square) sebesar 0,561 atau 56,1% dan koefisien determinasi yang disesuaikan (Adjusted Square)adalah sebesar 0,538 atau 53,8%. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah (1) faktor produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket Galaxy (2) faktor produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket Galaxy (3) dengan melihat nilai t hitung dari masingmasing variabel bebas maka variabel lokasi mempunyai nilai t hitung yang paling besar diantara variabel bebas yang lain yaitu sebesar (4,619). Ini berarti bahwa variabel lokasi merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket Galaxy. Serta 53,8% keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Galaxy dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan sedangkan sisanya yaitu sebesar 46,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang disebutkan dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 11 Nov 2009 08:07
Last Modified: 16 Nov 2010 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4565

Actions (login required)

View Item View Item