UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MAKE A MATCH (PTK Kelas VIII SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2008/2009)

NOVIAWATI, DEWI (2009) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MAKE A MATCH (PTK Kelas VIII SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050028.pdf

Download (79kB)
[img] PDF
A410050028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) meningkatkan kekatifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan make a match. 2) meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan make a match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review, metode test dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melipuiti a) keberanian mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan 12,5% meningkat menjadi 72,5% b) keaktifan siswa mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan 5% meningkat menjdi 60% c) keberanian siswa menanggapi atau mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan 7,5% meningkat menjadi 65% d) mengerti dan dapat melakukan langkah pendekatan kerjasama dalam kelompok sebelum dilakukan tindakan 0% meningkat menjadi 77,5% e) kerjasama dalam kelompok sebelum dilakukan tindakan 5% meningkat menjadi 70%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar yang siswa yang mendapat nilai diatas 60 sebelum dilakukan tindakan 25% meningkat menjadi 65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan make a match dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Pendekatan make a match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Nov 2009 08:46
Last Modified: 02 Jan 2012 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item