EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEER LESSON DAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP N 2 SLOGOHIMO

NARTI, NARTI (2009) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEER LESSON DAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP N 2 SLOGOHIMO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050015.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
A410050015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

matematika dengan menggunakan model “Lightening The Learning Climate” dan model “Peer Lesson”.2) Perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa.3) Interaksi antara model pengajaran matematika dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan model Peer Lesson dan Lightening The Learning Climate dengan alat bantu insrumen angket dan dokumen sebagai pengumpulan data. Subyek penelitian ini semua siswa kelas VIII semester genap yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 113 siswa, sedangkan sampelnya diambil dengan teknik proporsional random sampling sebanyak 77 siswa. Uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel Tak Sama. Berdasarkan hasil perhitungan analisis dengan α = 5% diperoleh kesimpulan sebagai berikut :1) Tidak ada perbedaan yang signifikan model mengajar terhadap prestasi belajar Matematika dengan 00 , 4 67 , 1 71 : 1 : 05 , 0 = < = F Fa .2) Tidak ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan 15 , 3 34 , 0 71 : 2 : 05 , 0 = < = F Fb .3) Tidak ada interaksi antara model mengajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Keliling dan Luas Lingkaran dengan 15 , 3 556 , 0 71 : 2 : 05 , 0 = < = F Fab .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, aktivitas, prestasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Nov 2009 08:15
Last Modified: 16 Nov 2010 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4535

Actions (login required)

View Item View Item