UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)

PRIHANTORO, SONY (2009) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050002.pdf

Download (357kB)
[img] PDF
A410050002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui strategi TTW pada sub pokok bahasan menghitung keliling dan luas bangun datar (jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang berjumlah 29 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII-A, metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi, analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui strategi TTW pada sub pokok bahasan menghitung keliling dan luas bangun datar (jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang) yang dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa. Adapun peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari aspek: a) aktif mengerjakan soal-soal yang diberikan guru sebelum tindakan hanya 9 siswa (31,03 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 24 siswa (82,7 %), b) menjawab pertanyaan guru atau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan hanya 3 siswa (10,34 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 22 siswa (75,8 %), c) memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan hanya 2 siswa (6,89 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 13 siswa (44,8 %), d) mengajukan ide/tanggapan pada guru sebelum tindakan hanya 1 siswa (3,45 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 9 siswa (31,03 %) dan e) membuat kesimpulan materi baik secara kelompok atau mandiri sebelum tindakan hanya 4 siswa (13,79 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 22 siswa (75,8 %). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui strategi TTW mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, Strategi TTW.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Nov 2009 07:47
Last Modified: 16 Nov 2010 04:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4530

Actions (login required)

View Item View Item