EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE RESITASI MENGGUNAKAN LKS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN CEPOGO, BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009

Hamid, Muchtar (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE RESITASI MENGGUNAKAN LKS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN CEPOGO, BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410040004.pdf

Download (68kB)
[img] PDF
A410040004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran dengan metode resitasi menggunakan LKS dan pembelajaran dengan metode konvensional, (2) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika pada siswa ditinjau dari aktivitas belajar siswa, (3) untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan metode resitasi menggunakan LKS dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Cepogo Boyolali sedangkan sampel diambil 81 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 42 siswa untuk kelas eksperimen dan 39 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anava dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Hasil penelitian pada taraf signifikansi a = 5% menunjukkan : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran dengan metode resitasi menggunakan LKS dan pembelajaran dengan metode konvensional dengan Fhitung =9,05 (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika pada siswa ditinjau dari aktivitas belajar siswa, dengan Fhitung = 19,06 dan (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran dengan metode resitasi menggunakan LKS dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 1,53.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Resitasi, Aktivitas-belajar, Prestasi-belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 Nov 2009 08:11
Last Modified: 16 Nov 2010 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4518

Actions (login required)

View Item View Item