PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009

ROHANI, FITRI (2009) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050136.pdf

Download (48kB)
[img] PDF
A420050136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus, yang tiap siklusnya diakhiri dengan post test. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, wawancara, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III yang dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,18 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,18, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,03 dan siklus III meningkat menjadi 7,95, rata-rata untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 18,68, rata-rata siklus II meningkat menjadi 20,8 dan siklus III meningkat menjadi 23,65. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif model NHT pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,34 point atau 34%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model NHT meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2008/2009 sebesar 0,34 point atau 34%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran kooperatif model NHT, hasil belajar biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 Nov 2009 07:51
Last Modified: 16 Nov 2010 04:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4515

Actions (login required)

View Item View Item