PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009

KHORI’AH, UMI IDA (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050189.pdf

Download (63kB)
[img] PDF
A310050189.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura. Secara khusus untuk mengetahui peningkatan menulis teks berita, mengetahui motivasi belajar, mengetahui persepsi dan tanggapan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2008/2009 setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Kartasura setelah menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Sumber data penelitian ini adalah aktivitas siswa saat pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, peneliti, dan dari dokumen. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara tes esai berupa kemampuan menulis teks berita, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis PTK model Kurt Lewin. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, terdapat peningkatan menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada prasiklus yaitu 68,89, siklus I 72,25 sedangkan siklus II 75,89. Kedua, ada motivasi dalam diri siswa saat pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Siswa tertarik dan antusias ketika gambar foto peristiwa dibagikan. Ketiga, persepsi dan tanggapan siswa tehadap pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa sangat baik. Persentase hasil wawancara siswa yang senang dengan pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa 87,17%. Siswa yang sedikit senang sebanyak 5,1%, siswa yang tidak senang sebanyak 7,6%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: teks berita, motivasi belajar, siklus, foto peristiwa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 03 Nov 2009 08:47
Last Modified: 24 Oct 2011 04:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4499

Actions (login required)

View Item View Item