PENINGKATAN PEMAHAMAN KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS VIII MTS NEGERI KARANGMOJO KARANGANYAR DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL TPS (THINK-PAIRS-SHARE)TAHUN PELAJARAN 2008/2009

WAHYUDI, SAPARI (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS VIII MTS NEGERI KARANGMOJO KARANGANYAR DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL TPS (THINK-PAIRS-SHARE)TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050184.pdf

Download (145kB)
[img] PDF
A310050184.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah yaitu adakah peningkatan prestasi dan kemampuan siswa dalam memahami kalimat efektif dengan pendekatan kooperatif model TPS (Think-Pair-Share). Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui peningkatan prestasi dan kemampuan siswa dalam memahami kalimat efektif dengan pendekatan kooperatif model TPS (Think-Pair-Share). Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskripstif. Objek penelitian ini adalah peningkatan pemahaman kalimat efektif dengan pendekatan kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) pada siswa kelas VIII B MTs Negeri Karangmojo Karanganyar. Sumber data penelitian ini diperoleh dari siswa kelas VIII B MTs Negeri Karangmojo, guru bidang studi, dan aktivita KBM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap reduksi, paparan, dan penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) Terdapat peningkatan pemahaman kalimat efektif siswa kelas VIII MTs Karangmojo. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan rata-rata kelas 8,03 pada siklus I, meningkat menjadi 8,23 pada siklus II. (2) Pembelajaran dengan pendekatan kooperatif model TPS mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa pada siklus I 73,07% meningkat menjadi 84,61% pada siklus II. (3) Pembelajaran pendekatan kooperatif model TPS mampu menciptakan suasana yang saling asah asih asuh, saling membantu, menghargai pendapat teman, dan tercipta interaksi baik terhadap sesama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, TPS (Think-Pairs-Share).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 03 Nov 2009 08:40
Last Modified: 24 Oct 2011 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4495

Actions (login required)

View Item View Item