PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2008/2009

WINARDI, WINARDI (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050151.pdf

Download (96kB)
[img] PDF
A310050151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi dengan media gambar berita, mendeskripsikan peningkatkan kualitas dan hasil kamampuan menulis karangan argumentasi siswa dengan media gambar berita, dan memaparkan presepsi dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan media gambar berita pada siswa kelas VIII SMP 1 Gemolong tahun pelajaran 2008/2009. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII dan data penelitian ini adalah karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP N 1 Gemolong. Teknik penggumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif terdiri dari tiga tahapan analisis, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data siswa dari siklus I sampai dengan siklus III dilengkapi dengan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas, keaktifan dan peningkatan hasil dan kualitas nilai menulis karangan argumentasi siswa. Keaktifan siswa meliputi keaktifan bertanya, mengerjakan latihan, hasil dan nilai kemampuan menulis karangan argumentasi siswa sebelum tindakan di dapat nilai rata-rata siswa sebesar 59,72 dan nilai rata-rata siklus I meningkat menjadi 63,24, nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 71,08 dan siklus III meningkat menjadi 81,35. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kemampuan menulis setelah menggunakan media gambar berita siswa lebih mudah mengembangkan karangan argumentasi daripada harus menulis karangan argumentasi dengan pemikiran sendiri dan media gambar berita dalam meningkatkan keterampilan menulis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: argumentasi, media gambar, siklus penelitian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 03 Nov 2009 08:04
Last Modified: 02 Jan 2012 05:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4481

Actions (login required)

View Item View Item