PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN UNSUR INSTRINSIK DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2008/ 2009

Aji, Romi Susilo (2009) PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN UNSUR INSTRINSIK DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2008/ 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050144.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
A310050144.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami unsur instrinsik drama dengan menggunakan media audiovisual, untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan pembelajaran apresiasi drama dengan menggunakan media audiovisual pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Ajaran 2008/ 2009. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas XI dan siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tawangsari sedang data dalam penelitian ini adalah informasi mengenai peningkatan pemahaman unsur instrinsik drama siswa dengan menggunakan media audiovisual dan keaktifan siswa pada pembelajaran drama. Teknik penggumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, kuesioner, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan cara analisis interaktif, terdiri dari tiga tahapan analisis, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data siswa dari siklus I sampai dengan siklus II dilengkapi dengan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan peningkatan kemampuan memahami unsur instrinsik drama dengan menggunakan media audiovisual. Keaktifan siswa meliputi antusiasme siswa bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru, memperhatikan penjelasan dari guru, memberikan pendapat, mengalami peningkatan siklus I sebesar 30 % atau 8 siswa yang yang aktif siklus II sebesar 74 % atau 20 siswa yang aktif. Peningkatan kemampuan memahami unsur instrinsik drama siklus I sebesar 44 % atau 12 siswa yang nilainya dibawah 65 dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa 65,6 dan siklus II sebanyak 8 % atau 2 siswa yang nilainya dibawah 65 dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa 83,3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman unsur instrinsik drama pada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: audiovisual, pemahaman unsur instrinsik drama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 03 Nov 2009 07:54
Last Modified: 25 Nov 2019 04:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4477

Actions (login required)

View Item View Item