MARYANI, HASRI (2009) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN APRESIASI CERPEN DENGAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 JATIPURO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2008/ 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A310050142.pdf Download (30kB) |
|
PDF
A310050142.pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran apresiasi cerpen dengan menggunakan media audio pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Jatipuro; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran apresiasi cerpen dengan menggunakan media audio pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Jatipuro, Karanganyar, tahun ajaran 2008/ 2009. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu kolaborasi antara peneliti dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 3 Jatipuro sejumlah 34 siswa. Data penelitian ini adalah berwujud informasi yang berkaitan dengan keaktifan siswa dan kemampuan siswa dalam pembelajaran apresiasi cerpen dengan media audio. Sumber datanya adalah tempat dan peristiwa, informan serta dokumen. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, teknik wawancara, teknik tes, analisis dokumen, dan angket. Adapun teknik analisis datanya yaitu analisis model interaktif, yaitu reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data Hasil penelitian ini, yaitu. (1) Pemanfaatan media audio yang berupa rekaman pembacaan cerpen dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran apresiasi cerpen. Keaktifan siswa selama apresiasi pada siklus I sebesar 23% (8 siswa dari 34 orang); siklus II sebesar 44% (15 siswa dari 34 orang); siklus terakhir (III) keaktifan siswa selama apresiasi meningkat sebesar 70% (24 siswa dari 34 orang). Keaktifan siswa selama mengikuti pelajaran pada siklus I sebesar 38% (13 siswa dari 34 orang); siklus II sebesar 62% (21 siswa dari 34 orang); siklus III keaktifan siswa selama mengikuti pelajaran meningkat sebesar 73% (25 siswa dari 34 orang). (2) Pemanfaatan media audio yang berupa rekaman pembacaan cerpen dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran apresiasi cerpen. Hasil kemampuan siswa dalam pembelajaran apresiasi cerpen mengalami peningkatan tiap siklusnya, yaitu siklus I sebesar 44% (15 siswa dari 34 orang); siklus II sebesar 55% (19 siswa dari 34 orang); siklus III sebesar 85% (29 siswa dari 34 orang).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, apresiasi cerpen, media audio |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 03 Nov 2009 07:46 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 04:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4474 |
Actions (login required)
View Item |