PEMANFAATAN MEDIA LAGU RELIGIUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 03 JATIPURO, KARANGANYAR

MITAYANI, DHITA PUTRI (2009) PEMANFAATAN MEDIA LAGU RELIGIUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 03 JATIPURO, KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050084.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
A310050084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; 1) mendeskripsikan peningkatkan kemampuan menulis narasi dengan pemanfaatan media lagu religius; 2) mendeskripsikan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran menulis narasi dengan media lagu religius; 3) mendeskripsikan persepsi dan kesan siswa terhadap pemanfaatan media lagu religius untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis narasi dengan media lagu religius di kelas VIIC SMP Negeri 03 Jatipuro, Karanganyar. Data pada penelitian ini adalah 1) Tulisan narasi siswa setelah menggunakan media lagu religius. 2) Perhatian siswa saat mengikuti kegiatan menulis narasi dengan media lagu religius. 3) Persepsi dan kesan siswa terhadap pemanfaatan media lagu religius untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi. Data penelitian ini diambil dengan cara 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah 1) reduksi data, 2) display data, 3) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) media lagu religius dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa VIIC SMP Negeri 03 Jatipuro, Karanganyar. Nilai siswa telah mencapai ketuntasan nilai yang ditentukan yaitu 65; 2) perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis narasi dengan media lagu religius dapat di lihat dari keaktifan siswa di dalam kelas. Pada siklus I siswa yang aktif hanya berkisar antara 4-20 siswa, sedangkan pada siklus II siswa aktif hingga 30 siswa; 3) siswa terlihat tertarik atau antusias mengikuti pembelajaran menulis narasi.siswa terlihat memperhatikan pelajaran dengan serius. Siswa menyatakan lebih menyukai pembelajaran narasi menggunakan media lagu religius daripada pembelajaran yang biasa mereka alami.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lagu religius, narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 02 Nov 2009 08:39
Last Modified: 16 Nov 2010 04:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4452

Actions (login required)

View Item View Item