PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIODRAMA SEBAGAI WUJUD KENAIKAN EMPATI DAN DAYA INGAT SISWA DI SD NEGERI SRAGEN 2

SULISTYOWATI, MARTINA DEWI (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIODRAMA SEBAGAI WUJUD KENAIKAN EMPATI DAN DAYA INGAT SISWA DI SD NEGERI SRAGEN 2. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050031.pdf

Download (41kB)
[img] PDF
A310050031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini (1) memaparkan adanya peningkatan kemampuan menyimak cerita siswa, dengan menggunakan media diodrama di SD Negeri Sragen 2, (2) memaparkan adanya peningkatan empati siswa pada pembelajaran cerita dengan menggunakan media diodrama di SD Negeri Sragen 2, dan (3) memaparkan adanya peningkatan daya ingat siswa pada pembelajaran cerita dengan menggunakan media diodrama di SD Negeri Sragen 2. Sedangkan tujuan umum dari penelitian ini yaitu untuk memberikan referensi kepada pembaca tentang manfaat penggunaan media diodrama terhadap peningkatan kemampuan menyimak cerita siswa. Penelitian ini dikembangkan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif disertai dukungan data kuantitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari siswa kelas IV dan guru Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Sragen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, display data, dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Sementara itu, penelitian ini dilaksanakan dengan mempergunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media diodrama pada kegiatan bercerita sebesar 0,7. Dengan demikian, penggunaan media diodrama pada kegiatan bercerita terbukti meningkatkan kemampuan menyimak pada peserta didik. Begitu pula, dengan kemampuan empati siswa yang mengalami kenaikan sebesar 1,25 setelah menggunakan media diodrama pada kegiatan bercerita. Selain itu, penggunaan media diodrama yang tepat pada saat pemaparan cerita akan memudahkan memori otak untuk merespon dan menerima informasi, sehingga daya ingat seseorang juga semakin berfungsi dengan baik. Daya ingat siswa mengalami kenaikan sebesar 1,13. Dengan demikian diketahui bahwa pemaparan cerita dengan menggunakan media diodrama dapat menaikkan daya ingat siswa di SD Negeri Sragen 2.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menyimak, kemampuan empati, dan daya ingat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 02 Nov 2009 07:50
Last Modified: 02 Jan 2012 04:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4431

Actions (login required)

View Item View Item