PROFIL KETUNTASAN BELAJAR DITINJAU DARI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) BIOLOGI SISWA KELAS VIIA DI SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009

AR DEWI, FIANA KUSUMA (2009) PROFIL KETUNTASAN BELAJAR DITINJAU DARI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) BIOLOGI SISWA KELAS VIIA DI SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050113.pdf

Download (55kB)
[img] PDF
A420050113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)

Abstract

Sebelum dilakukan penelitian diketahui bahwa nilai sebagian siswa belum tuntas, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, konsentrasi siswa kurang terfokus, tidak ada keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, siswa kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan materi. Salah satu pembelajaran untuk mengaktifkan siswa adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem based learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui adanya ketuntasan belajar ditinjau dari bagaimana penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL). (2) mengetahui adanya ketuntasan belajar ditinjau dari pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap pencapaian KKM siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa secara afektif dan psikomotor yaitu didapat dari sikap dan ketrampilan siswa dalam mengikuti pelajaran. Metode Tes untuk memperoleh data kognitif dengan cara memberikan post-tes setelah perlakuan dengan pembelajaran biologi melalui pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning pada setiap akhir pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear. Analisis tehadap rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa pada pertemuan I sebesar 7,2. Pada pertemuan II, rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 7,7. Pada pertemuan III, rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 8,2. Setelah dilakukan uji regresi linear didapatkan hasil penggunaan pendekatan PBL efektif menuntaskan hasil belajar biologi siswa sebesar 1 point atau 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketuntasan belajar, pendekatan Problem Based Learning (PBL), pencapaian KKM.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 08:04
Last Modified: 16 Nov 2010 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4335

Actions (login required)

View Item View Item