PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF TTW (Think-Talk- Write) DENGAN MENYERTAKAN HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

Sholikhah, Miftakhush (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF TTW (Think-Talk- Write) DENGAN MENYERTAKAN HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050094.pdf

Download (29kB)
[img] PDF
A420050094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang kondusif dan komunikatif di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu guru dan peneliti memilih model pembelajaran inovatif TTW (Think-Talk-Write) dengan menyertakan hand out untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan menggunakan model pembelajaran inovatif TTW (Think-Talk-Write) dengan menyertakan hand out pada siswa kelas VIII A semester genap SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Teknik pengumpulan data melalui dialog awal, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis data linier. Penelitian ini diawali dengan persiapan, perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, evaluasi dan diakhiri dengan post test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 4,74, rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,82, dengan nilai afektif 27,10 (kurang berminat). Rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 7,29 dengan nilai afektif 34,76 (cukup berminat) dan pada siklus III rata-rata nilai kognitif siswa meningkat menjadi 8,55 dengan nilai afektif 46,55 (berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TTW dengan menyertakan hand out dapat memperbaiki aspek kognitif, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi sebesar 0,5 point atau 5% pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran inovatif TTW, hand out
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 07:23
Last Modified: 16 Nov 2010 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item View Item