PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 2 SIDOHARJO WONOGIRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP(MIND MAPPING) TAHUN AJARAN 2008/2009

HARYANI, SRI (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 2 SIDOHARJO WONOGIRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP(MIND MAPPING) TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050060.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
A420050060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran, guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VII E SMP N 2 Sidoharjo Wonogiri. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan menggunakan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini diambil secara kuantitatif dan kualitatif. Data hasil tes putaran I, II, dan III dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data perkembangan aktifitas belajar siswa putaran I, II, dan III dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan dilaksanakan terdapat nilai rata-rata awal siswa sebesar 7,1 dan rata-rata pada putaran I meningkat menjadi 7,6 rata-rata putaran II meningkat menjadi 8,2 sedangkan rata-rata putaran III meningkat menjadi 8,8. berdasar perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan peta konsep pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,26 point atau 26%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peta konsep, Hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 07:35
Last Modified: 16 Nov 2010 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4295

Actions (login required)

View Item View Item