HARYANI, SRI (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 2 SIDOHARJO WONOGIRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP(MIND MAPPING) TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.
|
PDF
A420050060.pdf Download (127kB) |
|
PDF
A420050060.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran, guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VII E SMP N 2 Sidoharjo Wonogiri. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan menggunakan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini diambil secara kuantitatif dan kualitatif. Data hasil tes putaran I, II, dan III dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data perkembangan aktifitas belajar siswa putaran I, II, dan III dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan dilaksanakan terdapat nilai rata-rata awal siswa sebesar 7,1 dan rata-rata pada putaran I meningkat menjadi 7,6 rata-rata putaran II meningkat menjadi 8,2 sedangkan rata-rata putaran III meningkat menjadi 8,8. berdasar perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan peta konsep pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,26 point atau 26%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta konsep, Hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 20 Oct 2009 07:35 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 06:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4295 |
Actions (login required)
View Item |