PENERAPAN GUIDED NOTE TALKING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009

MARGANINGSIH, ATIK (2009) PENERAPAN GUIDED NOTE TALKING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050056.pdf

Download (122kB)
[img] PDF
A420050056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

Guided Note Talking (catatan terbimbing) adalah model pembelajaran yang menuntut setiap siswa untuk memahami dan memecahkan suatu masalah dan menyimpulkan materi pelajaran dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Biologi dengan pembelajaran Guided Note Talking (catatan terbimbing) pada siswa kelas VII C SMP N 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post test pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif (Reduksi data, Penyajian data dan penarikan simpulan). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I {ranah kognitif: 66,29 atau meningkat sebesar 1,93 dari nilai awal, standar deviasi(SD) sebesar 8,7; ranah afektif: 25,86 (termasuk kategori kurang berminat)}. Rata-rata hasil belajar pada siklus II {ranah kognitif:76,02 atau meningkat sebesar 7,73 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 9,1; ranah afektif 38,22 (termasuk kateri cukup berminat) atau meningkat sebesar 12,36 dari saklus I }. Rata-rta hasil belajar pada siklus III {ranah kognitif pada siklus III: 79,86 atau meningkat sebesar 3,84 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 9,5; ranah afektif: 43,04 (termasuk kategori berminat atau meningkat sebesar 4,82 dari siklus II)}. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Guided Note Talking (catatan terbimbing) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran biologi yang dicerminkan dengan peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VII C SMP 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, hasil belajar Biologi, Pembelajaran Model Guided Note Talking (catatan terbimbing), ranah kognitif dan afektif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 07:31
Last Modified: 16 Nov 2010 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4294

Actions (login required)

View Item View Item