KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS VIII MELALUI MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO DI SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009

LESTARI, DIAN PUJI (2009) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS VIII MELALUI MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO DI SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img] PDF
A420050054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img]
Preview
PDF
A420050054.pdf

Download (123kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa setelah dilakukan penilaian portofolio, 2. Mengetahui bagaimana hasil portofolio siswa dengan penilaian portofolio. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kartasura, sebanyak 42 siswa. Metode pengumpulan datanya adalah metode observasi, angket dan dokumentasi. Data kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dan data hasil portofolio siswa diambil dengan metode observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan data perkembangan siswa sebelum dilakukan penilaian portofolio dan setelah dilakukan penilaian portofolio Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Rata-rata kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sebelum dilakukan pembelajaran dengan penilaian portofolio sebesar 70,35 dan setelah dilakukan tindakan rata-rata meningkat menjadi 73,01 dan tanggapan portofolio siswa menunjukan pada kategori cukup menyukai dengan persentase 88,10%. Berdasarkan perhitungan SPSS 1,5 windows menunjukan bahwa setelah penerapan penilaian portofolio berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal rata-rata siswa sebesar 70,35 atau 88,10%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan penilaian portofolio dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2008/2009 sebesar 73,01 atau 95,24%, 7,5% termasuk dalam kategori berpikir kritis dan 2,5% termasuk dalam kategori berpikir kritis superior.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model penilaian portofolio, berpikir kritis dan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 07:27
Last Modified: 16 Nov 2010 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item View Item