APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

PARENDRARTI, RESTIKA (2009) APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img] PDF
A420050042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF
A420050042.pdf

Download (12MB)

Abstract

Selama pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Kelas yang digunakan XI IPA yang didasari oleh hasil observasi yaitu: partisipasi siswa rendah dalam kegiatan pembelajaran, dominasi siswa tertentu dalam proses pembelajaran, siswa kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan materi (metode tidak bervariasi), sebagian besar siswa kurang termotivasi untuk belajar. Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, angket, tes, dan catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus III. Data yang diperoleh dari hasil observasi, angket, dan tes pada siklus I sampai III dianalisis secara kuantitatif dengan cara menghitung rata-rata di setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA pada siklus I (Skor motivasi = 124,87 (termasuk kategori baik); Aspek kognitif = 53,17; Aspek afektif = 29,07 (termasuk kategori cukup berminat)). Rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar pada siklus II (Skor motivasi = 134,77 (termasuk kategori baik); Aspek kognitif = 60,6; Aspek afektif = 37,43 (termasuk kategori berminat)). Rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar pada siklus III (Skor motivasi = 151,70 (termasuk kategori sangat baik); Aspek kognitif = 74,17; Aspek afektif = 43,57 (termasuk kategori sangat berminat)). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi dan hasil belajar biologi, model pembelajaran kooperatif, TGT (Teams-Games-Tournament)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Oct 2009 08:28
Last Modified: 16 Nov 2010 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item