PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA POKOK BAHASAN PENTINGNYA KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 BANYUDONO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008/2009

: MARTINA, : MARTINA (2009) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA POKOK BAHASAN PENTINGNYA KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 BANYUDONO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050033.pdf

Download (10MB)
[img] PDF
A420050033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Siswa pasif dan tidak memperhatikan penjelasan dari guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode group to group exchange dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi yang dicerminkan dengan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 40 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes, serta catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik kovariansi. Melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru biologi kepada siswa dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Hal ini berdasarkan refleksi dan evaluasi pada analisis data yang diperoleh, aspek afektif siswa sebelum tindakan 25.6 (kurang berhasil), Siklus I 25.26 (kurang berhasil), Siklus II 35.3 (cukup berhasil) dan Siklus III 40.77 (berhasil). Aspek kognitif, yaitu anava Fhit (6.75) lebih besar dari pada Ftab (0.05) (2.80) artinya ada perbedaan yang bermakna dari hasil belajar siswa keseluruhan siklus. t-tes (dua arah) dengan membandingkan nilai ttabel (0.05) (2.021) dan ttab (0.01) (2.704), antara sebelum tindakanl dengan Siklus I thit (-10.25) lebih besar daripada ttab, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II thit (-41.67) lebih besar daripada ttab, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus II dengan Siklus III thit (-36) lebih besar daripada ttabel, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Korelasi, dengan membandingkan nilai rtab (0.05) (0.320) dan rtabel (0.01) (0.413), antara sebelum tindakan dengan Siklus I rhit (0.981) lebih besar dari pada rtab, artinya adanya hubungan antara metode group to group exchange dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II rhit (0.978) lebih besar dari pada rtab artinya adanya hubungan antara metode group to group exchange dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna.Antara Siklus II dengan Siklus III rhit (0.983) artinya adanya hubungan antara metode group to group exchange dengan aktivitas belajar yang dicerminkan dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Metode Pembelajaran model group to group exchange, aktivitas belajar yang dicerminkan dengan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Oct 2009 08:04
Last Modified: 16 Nov 2010 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4271

Actions (login required)

View Item View Item