PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK MATERI EKOSISTEM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009

PUTRIANA S.T, MEILAN SELLY (2009) PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK MATERI EKOSISTEM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah SurakartaPerpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050024.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
A420050024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Sidoharjo dalam proses pembelajarannya, guru masih menggunakan metode ceramah , siswa menganggap pelajaran biologi sebagai pelajaran yang membosankan, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru setiap pembelajaran, siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi rendah. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru Biologi memilih pembelajaran dengan model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Sidoharjo Tahun Pelajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, metode tes dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan) Untuk data yang diperoleh dari tes kemampuan awal, tes siklus I, II dan III dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan proses dan hasil belajar biologi siswa. Sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 54,5 setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 62,13; siklus II meningkat menjadi 71,63 dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 81,13. Untuk prosentase hasil rata-rata peningkatan proses belajar didapatkan pada siklus I sebesar 39,77% (belum berhasil), siklus II meningkat menjadi 59,31% (berhasil) dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 85,45% (sangat berhasil). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Biologi pada pokok materi Ekosistem pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Sidoharjo Tahun Pelajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model NHT, Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Oct 2009 07:29
Last Modified: 16 Nov 2010 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4264

Actions (login required)

View Item View Item