PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X5 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTATAHUN AJARAN 2008/

ARDIANTO, DANNY YUNIAR (2009) PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X5 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTATAHUN AJARAN 2008/. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah SurakartaPerpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050023.pdf

Download (54kB)
[img] PDF
A420050023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas X5 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) pada pokok bahasan Pencemaran Lingkungan. Metode penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam tiga siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan metode SQ3R dan diakhiri dengan post-test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas X5 pada siklus I Aspek kognitif = 6,43 atau meningkat sebesar 3,87 poin dari rata-rata nilai awal sebesar 2,56;aspek afektif = 32,2 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II Aspek kognitif = 8,3 atau meningkat sebesar 1,87 poin dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 35,9 (termasuk cukup berminat) atau meningkat sebesar 3,7 poin dari siklus I). Untuk rata-rata hasil belajar pada siklus III Aspek kognitif = 9,48 atau meningkat sebesar 1,18 poin dari rata-rata siklus II; Aspek Afektif = 40,5 (masuk dalam kategori berminat) atau meningkat sebesar 4,6 poin dari siklus II. Secara keseluruhan aspek penilaian kognitif pada siklus III meningkat menjadi 6,92 poin dari penilaian kognitif nilai awal sebesar 2,56. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X5 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Oct 2009 07:22
Last Modified: 16 Nov 2010 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4263

Actions (login required)

View Item View Item