PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII G SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

LAELA, FARIHATUL FAIZAH (2009) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII G SMP AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050009.pdf

Download (141kB)
[img] PDF
A420050009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pokok bahasan fotosintesis siswa kelas VIII G SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Strategi pembelajaran Index Card Match pada siklus I dengan melakukan post test, rata-rata hasil belajar sebesar 6,64 atau meningkat sebesar 0,58 dari nilai awal (6,06) sedangkan untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif sebesar 13,24 termasuk dalam kategori kurang berminat. Pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif (post test) sebesar 6,76 dengan Standar Deviasi (SD) sebesar 1,66. Untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif pada siklus II adalah sebesar 16,17 (termasuk kategori cukup berminat). Pembelajaran tindakan kelas siklus III dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) berjalan baik dibandingkan dengan pembelajaran pada siklus I dan II. Hal ini dapat ditunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif menunjukkan adanya peningkatan yaitu menjadi sebesar 8,01 atau meningkat sebesar 1,25 dari siklus II dengan Standar Deviasi sebesar 1,43 sedangkan untuk aspek afektifnya meningkat menjadi 21,13 termasuk dalam kategori berminat. Dari hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Al-Islam 1 Surakarta dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match baik dalam aspek kognitif (6,64 < 6,76 < 8,01) maupun afektif (13,24 < 16,17 < 21,13) terjadi peningkatan hasil belajar Biologi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Aug 2009 07:54
Last Modified: 02 May 2011 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4190

Actions (login required)

View Item View Item