DIRA ARASWATI, MERRYNA (2016) Studi Analisis Tentang Anak Disgrafia Serta Upaya Mengatasinya Pada Siswa Kelas Isd Muhammadiyah 6 Kampung Sewusurakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (703kB) |
|
PDF (HALAMAN JUDUL)
03. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (348kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
|
PDF (BAB III)
06.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
PDF (BAB IV)
07.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
|
PDF (BAB V)
08.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Merryna Dira Araswati/A510120060. STUDI ANALISIS TENTANG ANAK DISGRAFIA SERTA UPAYA MENGATASINYA PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH 6 KAMPUNG SEWU SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Januari, 2016. Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang juga merupakan sarana pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan anak menjadi disgrafia, serta mengetahui upaya yang dilakukan guru dan orang tua untuk mengatasi disgrafiapada siswa kelas I SD Muhammadiyah 6 Kampung Sewu Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 3 anak. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dan desain studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan anak mengalami disgrafia, antara lain: a) kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar menulis anak; b) anak belum memiliki bayangan bentuk huruf dan tidak hafal huruf alfabeth; c) anak juga belum memiliki kesadaran dan tanggung jawab belajar; d) tidak adanya komunikasi dan kerjasama sekolah dengan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar menulis anak. Upaya yang dilakukan guru dan orang tua dalam mengatasi anak disgrafia antara lain: a) selalu memberikan motivasi dan dorongan kepada anak agar semangat belajar menulis; b) melakukan pendekatan secara individual kepada anak yang mengalami disgrafia untuk mengetahui keinginan anak; c) melakukan bimbingan seperti les di akhir pembelajaran; d) melakukan kerjasama antara sekolah dan orang tua untuk mengatasi kesulitan belajar menulis anak. Kata kunci: upaya guru dan orang tua, disgrafia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: upaya guru dan orang tua, disgrafia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | MERRYNA DIRA ARASWATI |
Date Deposited: | 12 Feb 2016 04:00 |
Last Modified: | 12 Feb 2016 04:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/41274 |
Actions (login required)
View Item |