ARI PRABOWO, YUNANTO (2016) Pengelolaan Kurikulum Dan Pembelajaran Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Pertama Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (515kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (965kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (374kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang (1) landasan pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis Pesantren di SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen (2) pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis Pesantren di SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. (3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis pesantren di SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi metode, Dimana teknik triangulasi ini dilakukan pengecekan terhadap penggunaan metode pengumpulan data, apakah informasi yang dibuat dengan metode interview sama dengan metode observasi, ataukah hasil observasi sesuai dengan informasi yang diberikan ketika di-interview. Begitu pula tehnik ini dilakukan untuk menguji sumber data, apakah sumber data ketika diinterview dan observasi akan memberikan informasi yang sama atau berbeda maka peneliti harus dapat menjelaskan perbedaan itu, tujuannya adalah untuk mencari kesamaan data dengan metode yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah (1) Dalam pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis pesantren di SMP Darul Ihsan Muhammadiyah menggunakan kurikulum KTSP tahun 2006 berdasarkan kurikulum kedinasan dan kepesantrenan (2) Dalam pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran berbasis pesantren di SMP Darul Ihsan Muhammadiyah, pembelajaran dilaksanakan selain sesuai jam formal sekolah juga dilakukan pembelajaran selama santri tinggal di asrama. (3) Adapun faktor pendukung yaitu adanya kebijakan sekolah yang tepat, guru yang profesional dan sarana prasarana yang lengkap. Sedangkan faktor penghambat antara lain : Kondisi santri atau siswa yang kurang bertanggung jawab dalam hal belajar sehingga mereka terkesan masih suka main-main dan belajar kurang maksimal, kekurangan asrama maupun tempat tinggal. The purpose of this study was to describe (1) A foundation curriculum implementation and learning based Pesantren on The Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Junior high School (2) the curriculum implementation and learning based Pesantren on the Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Junior High School. (3) Describing factors of supporting and inhibiting the curriculum implementation and learning based pesantren. The method of this study used qualitative descriptive approach . Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. To examine the validity of the data using a triangulation method, where triangulation technique this being checked for the use of data collection methods, whether the information created by the interview method similar to the method of observation, or the results of the observation conform with the information provided when in the-interview. So did this technique is done to examine the data source, whether the data source when in the-interviews and observations will provide the same or different information, the researcher must be able to explain the differences, the aim is to find the similarity of data by different methods Results of this study were (1) In the curriculum implementation and learning based pesantren on the Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Junior High School using the KTSP curriculum 2006 based on Academy of State curriculum and pesantren (2) In the curriculum implementation and learning based pesantren on the Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Junior High School, learning conducted other than in accordance formal school hours learning also conducted during santris stay in dormitories. (3) As for the supporting factor is policy right schools, the teachers are professional and complete infrastructure. While inhibiting factors include: conditions santris or students who lack responsible in terms of learning so that they seem still like to play around and learn less than maximum, the shortage of dormitory or residence
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan , kurikulum, pembelajaran berbasis pesantren management, curriculum, learning based pesantren |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with username q100120104 |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 04:03 |
Last Modified: | 03 Feb 2016 04:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40725 |
Actions (login required)
View Item |