Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Di Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Cabang Kotta Barat Manahan Banjarsari Surakarta

Hidayah, Tanti and , Drs. Najmuddin Zuhri, M.Ag dan and , Dr. Imron Rosyadi, M.Ag (2015) Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Di Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Cabang Kotta Barat Manahan Banjarsari Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

This is the latest version of this item.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
Untitled-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembinaan merupakan suatu proses yang berlangsung secara terus menerus sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan jiwa manusia, yang dimulai sejak dalam kandungan sampai mencapai masa dewasa. Pembinaan tersebut meliputi fisik dan psikis dan yang terpenting adalah pembinaan akhlak. Setiap anak yang dilahirkan telah membawa fitrah beragama dan kemudian tergantung pada pendidikan yang diperolehnya. Sehingga pentingnya peran keluarga dalam proses pembinaan akhlak anak yang menjadi dasar untuk masa depannya. Sebaliknya dengan anak yatim, salah satu problematika hidup anak-anak yatim adalah pengasuhan dan pendidikan mereka. Dengan demikian, akhlak anak asuh itu baik atau buruk, kuat atau lemah, beradab atau biadab sepenunya ditentukan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi dalam perjalanan hidup anak tersebut. Dalam hal ini pendidikan sangat besar peranannya dalam pembinaan akhlak, akhlak dapat dibentuk dengan usaha-usaha yang sistematis dan berencana, sehingga dapat terbentuknya akhlak yang sesuai dengan harapan. Penelitian ini meneliti pelaksanaan pembinaan akhlak di Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Cabang Kotta Barat tahun 2015-2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa bentuk-bentuk pembinaan akhlak yang dilakukan panti asuhan yatim puteri aisyiyah cabang kotta barat dalam membina akhlak anak asuh serta kendala apa sajakah yang dihadapi oleh panti asuhan yatim puteri aisyiyah cabang kotta barat dalam melaksanakan pembinaan akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif yaitu terdiri dari tiga alur kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembinaan akhlak di Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Cabang Kotta Barat dapat terlihat dari berbagai program yang diselenggarakan. Program kegiatan lebih banyak dititik beratkan pada pembinaan keagamaan yaitu: shalat wajib berjamaah, membaca dan menghafalkan Al Qur’an, puasa senin kamis, membiasakan dengan kehidupan agamis, berbicara dengan baik dan sopan santun. Adapun kendala-kendala yang dihadapi Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Cabang Kotta Barat dalam pembinaan akhlak antara lain (1) Berbedanya latar belakang kehidupan anak asuh, (2) Faktor dari tingkah laku anak asuh (3) Pengaruh lingkungan sekitar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Panti asuhan, akhlak dan anak asuh
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with username g000110061
Date Deposited: 30 Dec 2015 05:46
Last Modified: 09 Oct 2021 03:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40108

Available Versions of this Item

  • Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Di Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Cabang Kotta Barat Manahan Banjarsari Surakarta. (deposited 30 Dec 2015 05:46) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item