Pendidikan Berbasis Pembebasan (Komparasi Pemikiran Ahmad Syafii Maarif Dan Paulo Freire)

EMA, Erva and , Dr. Ari Anshori, M.Ag and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag (2015) Pendidikan Berbasis Pembebasan (Komparasi Pemikiran Ahmad Syafii Maarif Dan Paulo Freire). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
12. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (770kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
02. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
03. BAB 1.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
04. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
05. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
06. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab V)
07. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab VI)
08. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan saat ini telah ditumpangi oleh kepentingan-kepentingan penguasa sehingga tidak membebaskan anak didik menjadi manusia seutuhnya. Anak didik hanya dijadikan manusia yang memiliki kecerdaskan sisi intelektual tetapi tidak mampu menghasilkan karya dan prestasi. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui karakteristik pemikiran Ahmad Syafii Maarif dan Paulo Friere dalam menggagas konsep pendidikan berbasis pembebasan. (2) Mengetahui perbedaan dan persamaan pemikiran Ahmad Syafii Maarif dan Paulo Friere dalam menggagas konsep pendidikan berbasis pembebasan. Dalam hal ini penulis menggunakan jenis kepustakaan (library research) dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, data yang diperoleh dari sumber tersebut dikumpulkan dan diseleksi kemudian dibahas menggunakan metode perbandingan (komparatif). Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa: (1) Antara Buya Maarif dan Freire masing-masing memiliki konsep pendidikan berbasis pembembebasan. Pendidikan berbasis pembebasan Buya Maarif adalah pendidikan yang bebas dari budaya verbal yang serba naif dan membosankan, bebas dari budaya otoriter yang serba mendikte dan memerintah-suatu budaya yang mematikan daya kritis dan daya kretif manusia. Selain mampu berdialektika dengan berbagai realitas kehidupan duniawinya pendidikan yang membebaskan ini setidaknya harus mampu menghantarkan peserta didik untuk bisa dan biasa berdialog secara intim dengan yang tak terhingga, Allah Swt. Sedangkan Pendidikan pembebasan menurut Freire merupakan ikhtiar mengembalikan fungsi pendidikan sebagai alat untuk membebaskan manusia dari berbagai bentuk penindasan dan ketertidasan yang dialami oleh masyarakat; baik dari soal kebodohan sampai ketertinggalan. Kemudian peserta didik memiliki kesadaran yang secara kritis dapat menghadapi realitas disekitarnya dan secara kreatif mampu mengubah dunianya. (2) Konsep pendidikan pembebasan dari kedua tokoh ini memiliki ciri khas masing-masing. Khas dari Buya Maarif yaitu membentuk peserta didik menjadi kaum intelektual yang beriman (ulul-albāb) yang memiliki keunggulan spritual, keunggulan intelektual dan keunggulan sosial. Sedangkan Freire lebih kepada kesadaran kritis manusia terhadap berbagai problem sosial yang ada dalam masyarakat. (3) Kedua tokoh ini mempunyai persamaan dalam beberapa aspek, antara lain dalam aspek latar belakang permasalahan, konsep pendidikan pembebasan dan tujuan konsep penyelesaian masalah. Sedangkan perbedaan antara kedua tokoh ini terdapat pada aspek Konsep pendidikan pembebasan, sistem pendidikan pembebasan, konsep penyelesaian masalah dan hasil akhir yang diharapkan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pembebasan, Pendidikan Membelenggu, Intelektual Beriman (Ulul-albāb), Kesadaran Kritis.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Dec 2015 03:22
Last Modified: 09 Oct 2021 03:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40004

Actions (login required)

View Item View Item