Studi Komparatif Interaksi Edukatif Dalam Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dan K.H. Ahmad Dahlan

Wachidah, Nur Hanif and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag and , Drs. Ma'arif Jamuin. M.Si (2015) Studi Komparatif Interaksi Edukatif Dalam Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dan K.H. Ahmad Dahlan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (923kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB V1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan artikel publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

Interaksi edukatif merupakan interaksi yang berlangsung secara sadar dan terencana untuk memberikan hubungan timbal balik antara pendidik dan peserta didik. Ibnu Khaldun dan K.H. Ahmad Dahlan, keduanya sama-sama tokoh yang mengunggulkan nilai pragmatis dalam pendididikan. sehingga penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan komparasi interaksi edukatif menurut Ibnu Khaldun dan K.H. Ahmad Dahlan (2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan interaksi edukatif menurut Ibnu Khaldun dan K.H. Ahmad Dahlan dalam pembelajaran. Dengan menggunakan penelitian pustaka, dan metode telaah dokumen, serta analisis komparatif. Ibnu Khaldun dan Ahmad Dahlan menempatkan fitrah akal sebagai dasar pengetahuan. Untuk memperoleh pengetahuan maka terjadilah interaksi edukatif antara guru dan murid. Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti menemukan bahwa (1) Persamaan interaksi edukatif antara Ibnu Khaldun dan K.H. Ahmad Dahlan terletak pada aspek tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, dan tahap sebelum pembelajaran, (2) Perbedaan interaksi edukatif antara Ibnu Khaldun da K.H. Ahmad Dahlan terletak pada aspek ide interaksi edukatif, alat pembelajaran, evaluasi pembelajaran, tahap sebelum pengajaran, tahap sesudah pengajaran. (3) Langkah penerapan interaksi edukatif Ibnu Khaldun dan K.H. Ahmad Dahlan dalam tahap-tahap sebagai berikut: 1) tahap sebelum pengajaran, yang meliputi: keahlian pendidik dan menyesuaikan kemampuan sesuai taraf berfikir peserta didik. 2) tahap pengajaran dengan mengemas komponen interaksi edukatif secara menarik dengan penanaman pendidikan secara utuh, 3) tahap sesudah pengajaran, Menilai interaksi edukatif, baik sebelum, selama, maupun sesudah proses pengajaran dengan melihat aktivitas kognitif, afektif, dan psikomotorik yang seimbang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pragmatis, Interaksi Edukatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Dec 2015 01:57
Last Modified: 09 Oct 2021 03:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40001

Actions (login required)

View Item View Item