Utomo, Adib Setyo and , Drs. Sudjalwo, M.Kom and , Azizah Fatmawati, S.T., M.Cs. (2015) Augmented Reality (AR) Edugame Tentang Beriman Kepada Allah Dan Rasul-Nya (Studi Kasus Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (876kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (818kB) |
|
PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf Download (193kB) |
|
PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
PDF (Lampiran)
7. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publiaksi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam dapat menumbuhkan keyakinan siswa untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Proses penerapan pelajaran agama Islam pada umumnya menggunakan metode membaca buku pelajaran dan metode praktek, namun hal tersebut kurang optimal. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan sebuah aplikasi edugame sebagai media pembelajaran. Pengembangan aplikasi Agumented Reality (AR) Edugame ini melalui beberapa tahapan, diantaranya analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain aplikasi, pengembangan aplikasi, dan pengujian aplikasi. Aplikasi edugame ini memiliki permainan berupa soal (quiz), ringkasan materi tentang Beriman Kepada Allah dan Rasul-Nya, dan model 3 dimensi sebagai model peraga di dalam soal. Aplikasi Augmented Reality (AR) Edugame Tentang Beriman Kepada Allah dan Rasul-Nya diangkat dari pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas IV kurikulum 2013. Aplikasi Augmented Reality (AR) Edugame ini diujikan di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura Kelas IV C sebagai bentuk implementasi dari penelitian. Berdasarkan data uji coba, diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi menarik dan dapat membantu siswa dalam belajar
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edugame, Augmented Reality (AR), Media Pembelajaran. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 15 Dec 2015 12:46 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 01:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39924 |
Actions (login required)
View Item |