Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Perjanjian Sewa-Menyewa Rumah (Studi Kasus Di Kampung Joyodiningratan Kratonan Surakarta)

Nabilla, Nabilla and , Muhammad Muhtarom, SH. MH and , Nurul Huda, M.Ag (2015) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Perjanjian Sewa-Menyewa Rumah (Studi Kasus Di Kampung Joyodiningratan Kratonan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (698kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Pemenuhan kebutuhan akan tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi setiap manusia. Namun demikian, tidak semua manusia mampu memenuhinya dengan memiliki rumah sendiri karena keterbatasan kondisi ekonomi dan biaya. Maka sewa rumah sebagai tempat tinggal, merupakan alternatif bagi sikap manusia yang belum memiliki atau tempat tinggal sendiri. Masyarakat di Kampung Joyodiningratan (Sidokare) kratonan Surakarta pada umumnya mayoritas beragama Islam. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat Kampung Joyodiningratan (Sidokare) Kratonan Surakarta menyewakan rumah karena memiliki rumah lebih dari satu dan sebagai tambahan penghasilan. Bisinis ini adalah bisnis yang syaratnya dengan resiko, sehingga memerlukan penyelesaian yang benar sesuai dengan prinsip Ijārah dalam Islam apabila terjadi wanprestasi ataupun penyimpangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tujuan hukum Islam terhadap akad perjanjian sewa menyewa rumah di Kampung Joyodiningratan (Sidokare) Kratonan Surakarta. Apa saja masalah yang timbul dan apakah peneyelesaiannya sudah sesuai dengan prinsip Ijārah dalam Islam. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan keilmuan tentang tinjauan hukum Islam terhadap akad perjanjian sewa-menyewa rumah serta penyelesaian wanprestasi maupun masalah yang lainnya yang sesuai dengan prinsip Ijārah dalam Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan analisis data secara deskriptif kualitatif. Data tersebut diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang penulis lakukan di Kampung Joyodiningratan (Sidokare) Kratonan Surakarta secara langsung. Untuk menarik kesimpulan dari data tersebut penulis menggunakan pendekatan normatif, yaitu kesesuaian antara data lapangan dengan hukum Islam. Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa akad perjanjian sewa rumah di Kampung Joyodiningratan (Sidokare) Kratonan Surakarta telah sesuai dengan hukum Islam, hanya saja sebagian belum menerapkan salah satu azaz hukum kontrak dalam Islam yaitu Al-Kitābah (Tertulis). Tentang pertintah untuk pembuatan perjanjian secara tertulis, jika suatu saat terjadi perselisihan antara kedua belah pihak maka para pihak memiliki alat bukti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prinsip Ijārah Dalam Islam, Azaz-Azas Hukum Islam, Akad Sewa Rumah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Bani Mutakhir
Date Deposited: 01 Dec 2015 08:42
Last Modified: 09 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39738

Actions (login required)

View Item View Item