MUSTHOFA, Zainal and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Efektivitas Strategi Think Pair Share (TPS) Pada Materi Bentuk Muka Bumi Dan Aktivitas Penduduk Indonesis Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
9. Naskah Publikasi.pdf Download (489kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN SKRIPSI.pdf Download (805kB) |
|
PDF (Bab I)
2. BAB I SKRIPSI.pdf Download (566kB) |
|
PDF (Bab II)
3. BAB II SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
PDF (Bab III)
4. BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (Bab IV)
5. BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
6. BAB V SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
10. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
Abstract
SMP Negeri 1 Teras beralamat di Jalan Solo-Semarang, dan berada di desa Teras, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Penggunaan strategi pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran karena dapat memberikan suasana kelas menjadi lebih aktif dan tidak monoton dalam pembelajaranya sehingga siswa akan lebih aktif dan hasil pembelajaran juga akan sesuai dengan apa yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi Think Pair Share (TPS) pada materi bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Boyolali. Metode penelitian adalah eksperimen dengan populasi siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Boyolali sebanyak 227 siswa yang terbagi kedalam Kelas VII A-VII G. Kelas eksperimen dalam pembelajaranya menggunakan strategi Think Pair Share (TPS) sedangkan kelas kontrol dalam pembelajaranya menggunakan metode yang konvnsional. Ketujuh kelas tersebut diambil lima kelas sebagai kelas eksperimen dan dua kelas sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Penggunaan strategi Think Pair Share (TPS) pada materi bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia pada Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Boyolali menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil pembelajaran siswa sebesar 14,65 yaitu dari hasil nilai rata-rata Pre Tes 70,10 meningkat menjadi 84,75 pada hasil nilai rata-rata Post test nya. (2)Berdasarkan hasil uji Mann Whitney menunjukkan tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, namun jika dilihat dari peningkatan hasil pembelajaran pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil nilai rata-rata pembelajaran siswa sebesar 14,65 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol hanya 10,62 maka peningkatan nilai rata-rata hasil pembelajaran siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Think Pair Share (TPS), peningkatan hasil pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 28 Nov 2015 04:01 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39678 |
Actions (login required)
View Item |