Kusuma, Anirul and , Drs. M. Najmuddin Zuhdi, M.Ag and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag (2015) Implementasi Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Man 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
1. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (720kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (283kB) |
|
PDF (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
PDF (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
PDF (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
PDF (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
PDF (BAB VI)
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akan maju. Hampir seluruh negara di dunia ini menangani secara langsung masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan. Pada hakekatnya guru masih sering menggunakan satu metode dalam pembelajaran, yaitu metode ceramah sehingga proses belajar anak sekedar merekam informasi saja, hal demikian mengakibatkan proses belajar anak hanya bersifat harfiah saja Permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana implementasi metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan Apa faktor pendukung dan penghambat siswa dalam implementasi metode diskusi di MAN 2 Surakarta. Tujuan skripsi ini mengetahui implementasi metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan faktor pendukung dan penghambat siswa dalam implementasi metode diskusi di MAN 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menganalisis hasil yang akurat. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa Pengaruh implementasi metode diskusi adalah: Proses pembelajaran lebih menyenangkan, aktif, dan tidak membosankan, dan siswa berani mengungkapkan pendapat ketika mengalami kesulitan dan menumbuhkan sikap kerjasama dalam berdiskusi. Adapun faktor pendukung siswa dalam implementasi metode diskusi adalah: semangat siswa dalam belajar, siswa yang masuk tepat waktu, adanya media yang dapat digunakan, adanya reward, pengondisian kelas terlebih dahulu sebelum proses belajar mengajar, adanya kerjasama yang baik antar siswa dan adapun faktor penghambatnya adalah: adanya guru Aqidah Akhlak yang datang terlambat, siswa yang pasif atau malu mengemukakan pendapat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode diskusi, Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Unnamed user with username g000110077 |
Date Deposited: | 30 Nov 2015 03:46 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39645 |
Actions (login required)
View Item |