Analisis Isi Kecenderungan Agenda Media Pemberitaan Jokowi Sebagai Calon Pemimpin Autentik di Harian Umum Solopos Edisi 10 Mei-8 Juli 2014

Rahayu, Tri and , Nur Latifah Umi Satiti, M.A and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2014) Analisis Isi Kecenderungan Agenda Media Pemberitaan Jokowi Sebagai Calon Pemimpin Autentik di Harian Umum Solopos Edisi 10 Mei-8 Juli 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (527kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Media massa memiliki kemampuan untuk menyeleksi peristiwa-peristiwa yang dianggap penting dan kemudian akan ditonjolkan dengan cara memberitakannya secara terus-menerus sehingga dapat mengarahkan pemikiran atau pendapat publik. Hal inilah yang disebut dengan agenda media yang merupakan bagian dari agenda setting. Salah satunya adalah pemberitaan tentang Jokowi yang mencalonkan diri sebagai presiden di pemilu 2014. Untuk menganalisisnya digunakan metode analisis isi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, karena ingin mempelajari gambaran isi dan karakter pesan dari media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kecenderungan agenda media terhadap pemberitaan Jokowi sebagai calon pemimpin autentik di harian umum Solopos edisi 10 Mei–8 Juli 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator “kesadaran diri pemimpin” paling banyak muncul dengan jumlah 119 kalimat (42,81%), terutama dari aspek kognisi (76 kalimat). Kemudian disusul indikator “kinerja” dengan jumlah 55 kalimat (19,77%), “kesadaran diri pengikut” dengan jumlah 49 kalimat (17,63%), “proses perilaku kepemimpinan” dengan jumlah 24 kalimat (8,63%), “perspektif moral positif’ dengan jumlah 14 kalimat (5,04%), “kapital psikologi positif” dengan jumlah 11 kalimat (3,96%), “perkembangan pengikut” berjumlah 4 kalimat (1,44%), dan yang terakhir “pengaturan diri sendiri pemimpin” dengan jumlah 2 kalimat (0,72%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis isi, agenda media, kepemimpinan autentik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 25 Nov 2015 09:29
Last Modified: 19 Oct 2021 00:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39611

Actions (login required)

View Item View Item