Indayawati, Indayawati and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Pemahaman Konsep Uang Melalui Metode Problem Based Learning Dengan Bermain Peran Pada Siswa Kelas III SDN Langenharjo 01 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (556kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan unntuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep uang melalui metode Problem Based Learning dengan bermain peran pada siswa kelas III semester 2 SDN Langenharjo 01 Pati Tahun 2014/2015. Rumusan masalah penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah penerapan metode problem based learning dengan bermain peran dapat meningkatkan pemahaman konsep uang pada mata pelajaran IPS bagi siswa SDN Langenharjo 01 Pati tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasil awal pada pelajaran IPS materi konsep uang menunjukkan bahwa pemahaman konsep uang, siswa masih rendah yaitu dari 18 siswa hanya 27% atau 4 siswa yang mendapat nilai diatas batas ketuntasan (nilai 75), sedangkan ada 14 siswa atau 73% yang nilainya dibawah ketuntasan. Siklus I nilai terendah 60, tertinggi 93, rata-rata kelas 77. Pada siklus ini peserta didik yang telah tuntas ada 10 anak atau mencapai 55% dan yang belum tuntas 8 anak atau 45%. Pada siklus II nilai terendah 67 dan nilai tertinggi 100, nilai rata-rata 86. Pada siklus ini peserta didik yang belum tuntas 3 anak atau 17% dan yang tuntas ada 15 anak atau 83%. Guru hendaknya mampu memilih metode yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan supaya hasilnya bisa maksimal
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep uang, bermain peran, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 08:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39580 |
Actions (login required)
View Item |