Kiswati, Kiswati and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Peningkatan keaktifan belajar siswa dalam operasi hitung bilangan bulat melalui media konkret pada siswa kelas I SD Negeri Wungwung Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (762kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Surat pernyataan Publikasi)
kis.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan proses belajar mengajar yang sistem pendidikannya senantiasa berbeda dari satu masyarakat dengan masyarakat lain. Hal ini disebabkan, setiap masyarakat itu memiliki sistem sosial , filsafat dan gaya hidup tertentu yang sesuai dengan tujuan dasar maupun nilai – nilai yang terdapat dimasyarakat tersebut. Pembelajaran dikatakan berkualitas dan berhasil apabila seluruhnya atau sebagian besar peserta didik terlihat aktif, baik fisik, mental maupun sosial, di samping menunjukkan kegairahan belajar tinggi, semangat belajar, dan rasa percaya diri. Berdasarkan hal tersebut, upaya guru dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa sangatlah penting, sebab keaktifan belajar menjadi penentu keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Tujuan Penelitian ini Untuk mendeskripsikan Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dalam Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Media Konkret pada siswa kelas 1 SD Negeri Wungwung Tahun 2014/2015 Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dimana dalam pelaksanaannya melalui 2 siklus, masingmasing siklus dilakukan satu pertemuan dan pada siklus terakhir tujuan penelitian ini sudah berhasil. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar dari prasiklus kesiklus I sebesar 57% dan siklus I ke siklus II sebesar 17,6%, sedangkan dilihat dari penggunaan media konkret mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 52% dan siklus I kesiklus II sebesar 32%. Dilihat dari hasil belajar(tes) mengalami peningkatan antar siklus yang cukup seknifikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, Media Konkret, dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 06:32 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39575 |
Actions (login required)
View Item |