Alfiani, Siti and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Peningkatan Pemahaman Pembelajaran IPA Melalui Metode CTL Pada Siswa Kelas IV SDN Kayen 05 Tahun 2014 /2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
11. NASKAH PULIKASI.pdf Download (3MB) |
|
PDF (halaman Depan)
02. HALAMAN DEPAN.pdf Download (12MB) |
|
PDF (Bab I)
03. BAB 1.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Bab II)
04. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
|
PDF (Bab III)
05. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
PDF (Bab IV)
06. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
PDF (Bab V)
07. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
PDF (Lampiran)
09. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar IPA dengan penerapan metode Contextual Teaching Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kayen 05 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan . Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan adanya pemahaman pembelajaran IPA kemampuan anak dalam mengingat materi pelajaran sebelum tindakan hanya 52% pada siklus I meningkat menjadi 80 % hal ini menunjukkan perubahan disiklus I terjadi peningkatan dan penelitian setelah siklus II kemampuan anak dalam mengingat materi menjadi 92 % siswa mengetahui dan memahami apa yang dikomunikasikan darimateri yang dipelajari sebelum tindakan adalah 48 pada tindakan siklus I lebih meningkat lagi menjadi 76 % dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 88 % siswa mampu menjawab soal yang diberikan sebelum tindakan adalah 48 % dan setelah penelitian tindakan pada siklus I menjadi 68 % dan pada penelitian tindakan disilkus II ini meningkat lagi menjadi 84 % Metode CTL dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran IPA mahkluk hidup ( simbiosis ) pada peserta didik kelas IV SDN Kayen 05. Hal ini terbukti dari nilai belajar IPA peserta didik di kelas IV yang mencapa i KKM pada saat sebelum penelitian adalah 12 siswa 52 % pada siklus I adalah16 siswa 64 % dan meningkat pada siklus II menjadi 21 siswa 84 % pada kesimpulan diatas maka hipotesis penelitian diterima kebenaranya Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Kayen 05 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun 2014/ 2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman pembelajaran IPA, Metode CTL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 07:09 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39532 |
Actions (login required)
View Item |