Ramadani, Riyan Erma and -, Dr. Darsinah, M.Si (2015) Meningkatkan Perkembangan Sains Melalui Metode Eksperimen Kelompok B Di Ra Annisa 2 Dulang Wonokerso Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (806kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (188kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
PDF (Daftar PustakaLam)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (37MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
Abstract
Sains yaitu suatu ilmu pengetahuan yang bisa dikontrol atau diulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sains anak melalui metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di RA AN-NISA 2 Dulang Kelurahan Wonokerso Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 anak. Data perkembangan sains anak dikumpulkan melalui metode observasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi teknik analisis komparatif, analisis interaktif, dan one-way anova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh prosentase pencapaian anak yang mencapai perkembangan sesuai harapan (BSH) ke atas yaitu pada pra siklus 59,53%, siklus pertama 76,04%, dan siklus kedua 93,40%. Selain itu, berdasarkan uji F dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil Fhitung lebih besar dari pada Ftabel atau 218,978 ≥ 3,13, maka Ho ditolah dan Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil perkembangan sains anak pada siklus pertama dan siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat mengembangkan perkembangan sains anak kelompok B di RA AN-NISA 2 Dulang, Kelurahan Wonokerso, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen tahun ajaran 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode eksperimen, perkembangan sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 Nov 2015 06:45 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 06:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39466 |
Actions (login required)
View Item |