Pratiwi, Heny and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Minat Belajar Matematika Materi Jenis Dan Besar Sudut Melalui Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas III Semester II SD Negeri Payang 02 Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
10. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (730kB) |
|
PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
|
PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
11. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan minat belajar matematika materi jenis dan besar sudut melalui model quantum learning pada siswa kelas III SD N Payang 02. Adapun jumlah yang ada di kelas III saat ini ada 27 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru dan situasi kelas saat pembelajaran.Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah minat belajar matematika materi jenis dan besar sudut dapat ditingkatkan melalui model quantum learning? Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis komparatif dan analisis kritis. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika dapat dilihat dari prasiklus, prosentase baik 30%, siklus I menjadi 52% (baik), 15% (sangat baik) dan siklus II 37% (baik), 52% (sangat baik). Peningkatan penerapan model pembelajaran quantum learning yaitu prasiklus 35,7%, siklus I menjadi 70%, pada siklus II mencapai 81,4%. Hal ini membuktikan bahwa melalui model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan minat belajar matematika materi jenis dan besar sudut pada siswa kelas III SDN Payang 02 semester II tahun 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | matematika, minat belajar, model quantum learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 16 Nov 2015 04:04 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 01:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39456 |
Actions (login required)
View Item |