Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Kereta Bernomor Pada Kelompok B Di TK Pertiwi 03 Brujul Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015

Arundati, Dewi and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Kereta Bernomor Pada Kelompok B Di TK Pertiwi 03 Brujul Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (721kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Pernyataan Naskah Publikasi)
PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)

Abstract

Kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 03 Brujul masih rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Pertiwi 03 Brujul melalui permainan kereta bernomor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek anak didik kelompok B di TK Pertiwi 03 Brujul, sebanyak 15 anak terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan/observasi dan refleksi. Data kemampuan berhitung anak dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumntasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparatif berdasarkan hasil observasi terhadap perkembangan berhitung anak, serta diambil berdasarkan hasil persiklus dibandingkan dengan indicator kinerja persiklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil 51,66%, siklus I mencapai 65,36% dan siklus II 84,83%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kereta bernomor dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Pertiwi 03 Brujul TahunAjaran 2014/2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Kereta Bernomor, Kemampuan Berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Nov 2015 03:16
Last Modified: 08 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39447

Actions (login required)

View Item View Item